Saturday, February 9, 2019

MADROSATUL MUJADDIDIN AL-KHAIRIYAH (MMA)


MADROSATUL MUJADDIDIN AL-KHAIRIYAH
(MMA)

KESATRIAN SANTRI TARUNA ISLAM AL-KHAIRIYAH CITANGKIL









             

KESATRIAN SANTRI TARUNA ISLAM AL-KHAIRIYAH CITANGKIL 
Jl. H. Enggus Arja No. 1 Citangkil, Cilegon - Banten



MADROSATUL MUJADDIDIN AL-KHAIRIYAH

(MMA)


I.        DESKRIPSI  
Madrosatul Mujaddidin Al-khairiyah (MMA) adalah kelembagaan yang dibentuk di bawah kewenangan Divisi Akademik Pondok Pesantren Kesatrian Santri Taruna Islam Al-khairiyah Citangkil sebagai salah satu wadah  aktualisasi Program Kerja Unit Pengembangan Kajian dan Tahfid Kitab Kuning (UPKTK), Unit Pengembangan Tahfid dan Ilmu Al-quran (UPTIA) dan Unit Pengembangan Bahasa Asing (UPBA).

II.        TUJUAN UMUM
Tujuan Umum Madrosatul Mujaddidin Al-khairiyah (MMA) adalah merancang dan menyelenggarakan model pendidikan yang menghasilkan kader-kader Cendikiawan Muslim Yang berkarakter merujuk kepada 10 Pilar Karakter Santri Taruna Islam Al-khairiyah (SATRIA) dan visi serta misi Pondok Pesantren Kesatrian Santri Taruna Islam Al-khairiyah Citangkil dengan model pendidikan berbasis pondok pesantren terpadu.

A.        10 Pilar Karakter Santri Taruna Islam Al-khairiyah (SATRIA)
1.         Disiplin
2.         Sidiq
3.         Amanah
4.         Tabligh
5.         Fathonah
6.         Mujaddid
7.         Mujtahid
8.         Mujahid
9.         Kreatif dan innovatif
10.     Berani dan Bertanggungjawab

B.        Visi dan Misi Kesatrian Santri Taruna Islam Al-khairiyah Citangkil
          Visi: Mencetak generasi Islam yang berintegritas, intelektual relijius dan berwawasan kebangsaan
Misi: Melaksanakan KMB dengan kurikulum dan standar kompetensi yang berbasis kepada mutu akademik, non akademik dan leadereship

III.        TUJUAN KHUSUS   
Tujuan Khusus Madrosatul Mujaddidin Al-khairiyah (MMA) adalah;
1.     Merancang dan menyelenggarakan Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) dengan kurikulum yang bercirikhas Kesatrian Santri Taruna Islam Al-khairiyah di luar kurikulum DEPAG dan DIKNAS yang akan dikembangkan di setiap lembaga pendidikan Al-khairiyah yang menyelenggarakan model pendidikan Boarding school (pondok pesantren).
2.     Menyelenggarakan proses pembinaan generasi muda islami yang berwawasan luas dan moderat, berdisiplin dan berakhlak mulia serta terampil dan patriotik.

IV.        KURIKULUM   
A.    Jenjang Pendidikan dan Pelatihan
Madrosatul Mujaddidin Al-khairiyah (MMA) menyelenggarakan Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) serta Pelatihan-pelatihan dengan dua Jenjang dan program-program khusus:
1.     I’dadi
Di jenjang I’dadi ini santri-santri diberikan pembekalan dan pelatihan dasar-dasar kemahiran berbahasa Arab dan Inggris komunikatif dan literatif, yakni dididik agar mampu berbicara dengan bahasa arab dan inggris serta mampu membaca, menulis dan memahami literatur-literatur arab gundul (kitab kuning) dan teks-teks berbahasa inggris.
Gagasan di atas diterapkan melalui pembelajaran Imla  Pemberian kosakata (mufrodat/vocabularies), praktek muhadasah dan latihan pidato 3 bahasa (muhadloroh), diberikan pula pengajian Kitab Alat (nahwu dan Sorof) serta kitab dasar-dasar ulumul qur’an, fikih, akidah dan ahlak.
Di jenjang I’dadi ini pendidikan dilalui selama 3 tahun dengan 3 tingkatan kelas: Sufla, Wustho dan Ulya. Dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar dan Mengajar serta pelatihan-pelatihan, MMI mengakomodir pelaksanaan program kerja  Unit Pengembangan Kajian dan Tahfid Kitab Kuning (UPKTK), Unit Pengembangan Tahfid dan Ilmu Al-quran (UPTIA), Unit Pengembangan Bahasa Asing (UPBA) sehingga memiliki ketentuan program dan standar kelulusan akademik yang mencakup empat  komponen:
1.     Mampu berbicara dan menganalisa teks berbahasa arab dan inggris
2.     Memiliki wawasan keagamaan yang luas dengan pemahaman yang moderat
3.     Memiliki bekal hafalan kitab dan hafalan al-quran
4.     Berkepribadian baik dan patriotik
Pencapaian Standar kompetensi untuk kelulusan menurut kemampuan berbahasa diukur berdasarkan kemampuan percakapan, pidato dan menulis karya tulis sastra atau karya tulis ilmiah berbahasa arab dan inggris yang ujian kompetensinya diselenggarakan oleh Unit pengembangan Bahasa Asing (UPBA) pada setiap ujian tengah dan ahir semester. Sedangkan pencapaian standar kompetensi menurut pemahaman keagaagamaan diukur berdasarkan pencapaian penguasaan materi yang disampaikan dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar pada tiap-tiap kelas dengan merujuk kepada kitab-kitab yang telah ditentukan sebagai berikut:

NO
KELAS
BIDANG STUDI
KITAB RUJUKAN
1
Sufla
1)      B. Arab
2)      B.Inggris
3)      Aqidah
4)      Imla
5)      Hadist
6)      Fikih
7)      Akhlak
8)      Nahwu
9)      Sorof
10)  Tajwid
a)      Modul
b)      Modul
c)      Aqidatu Awwam
d)       Qowaid Al-Imla
e)      Modul tematik
f)       Taqrib
g)      Ta’limul Muta’alim
h)      Jurumiyyah
i)        Amtsilah
j)        Tuhfatu al-Athfal
2
Wustho
1)      B.Arab
2)      B. Inggris
3)      Aqidah
4)      Tajwid
5)      Hadist
6)      Ulumul Hadist
7)      Fikih
8)      Ushul Fikh
9)      Akhlak
10)  Nahwu
11)  Sorof
12)  Tafsir
a)      Modul
b)      Modul
c)      Qomi’ At-Tughyan
d)      Tuhfatu al-Athfal
e)      Mukhtar al-Hadist
f)       Minhah al-Mugist
g)      Fathu al-Qorib
h)      Mabadi al-Awaliyyah
i)        Ta’limul Muta’alim
j)        Jurumiyyah
k)      Matn al-Bina
l)        Modul Tematik
3
‘Ulya
1)      B.Arab
2)      B. Inggris
3)      Aqidah
4)      Tajwid
5)      Hadist
6)      Ulumul Hadist
7)      Fikih
8)      Ushul Fikh
9)      Akhlak
10)  Nahwu
11)  Tafsir
a)      Modul
b)      Modul
c)      Qomi’ At-Tughyan
d)      Tuhfatu al-Athfal
e)      Bulug al-Maram
f)       Minhah al-Mughists
g)      Kifayah al-Akhyar
h)      Al-Waroqot
i)        Al-Tibyan
j)        Syarh ibnu Aqil
k)      Tafsir Madrosi


Adapun standar kompetensi menurut
hafalan kitab dan hafalan al-quran diukur menurut pencapaian program tahfid yang diklasifikasi menurut tingkatan kelas dalam KBM dan Majlis Halaqoh Quraniyah sebagaimana berikut:

NO
KELAS
KITAB/MATERI HAFALAN
1
Sufla
Amtsilah Tashrifiyah
Aqidatul Awam
Tuhfatul Athfal
2
Wustho
Jurumiyah
Matan Al-bina Wal Asas
Al-Mabadi al-awwaliyah
Al-quran Juz 30
3
Ulya
Al-fiyah Ibnu Malik
Al-quran juz 28 dan 29

Tolak ukur keberhasilan peserta didik (Santri) dalam hal kepribadian diukur berdasarkan prilaku keseharian yang tidak dibatasi oleh prilaku di kelas tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari di asrama yang standar penilaiannya mengacu pada ketaatan atas segala tata tertib dan kode etik Kesatrian Santri Taruna Islam Al-khairiyah Citangkil dengan mengacu kepada rekam jejak dan bimbingan yang tertulis dalam Jurnal Santri. 
  
2.     TAKHOSSUS
            Pada jenjang takhosus ini kegiatan belajar santri dalam bentuk materi, pelatihan dan bimbingan dasar-dasar mengajar serta ujian akhir untuk mendapatkan keterampilan dalam memberikan pelajaran dan menjadi syarat kompetensi menjadi pengajar. Program ini di tempuh selama satu tahun dengan merujuk kepada kitab-kitab tarbiyah dan ta’lim yang di antaranya kitab Ushulu al-tarbiyyah wa al-ta’lim

3.     TAKMILI
Di jenjang Takmili ini santri-santri yang berhak menjadi peserta didik adalah mereka yang telah lulus dari I’dadi dan takhosus untuk lebih mendalami materi-materi atau mereka yang pernah mengenyam pendidikan pesantren di luar al-khairiyah setelah melalui tes penerimaan. Pendidikan yang diberikan di jenjang Takmili ini adalah pendidikan lanjutan yang menjurus kepada penguatan kemampuan menguasai Kitab Kuning dan hafalan serta wawasan al-quran.
            Gagasan di atas diimplementasikan dalam bentuk Kegiatan Belajar dan Mengajar dengan model Ma’had Ali atau Perguruan Tinggi Pesantren yang menjurus kepada pendidikan Hukum Islam dan Tafsir Al-quran. Masa belajar di tingkat Takmili ini adalah dua tahun dengan empat semester. Pada dua semester awal di ajarkan mata kuliah dasar sebagai berikut:


NO
MATA KULIAH
DAFTAR RUJUKAN
1
Bahasa dan Sastera arab
1)        Qowaid al-lughoh al-asasiyyah
2)        Jami’uddurus al-lughoh al-arobiyyah
3)        Nahj al-balaghoh
4)        Diwan as-Syafi’i
2
Ulumul Quran
5)        Minhatu Dzil Jalal
6)        Al-burhan Fi I’robil Quran
7)        Al-itqon Fi Ulumil Quran
3
Fiqih dan Ushul Fiqh
8)        Al-asybah wa an-Nadhzoir
9)      Irsyadul Fuhul
10)  Bidayatul Mujtahid
11)  Fiqhul Arba’ah
12)  Tarikh Tasyri’

Pada semester ketiga diajarkan mata kuliah lanjutan yang lebih mengarah kepada pemahaman Hikmatuttasyri’, Masail al-Fiqhiyyah menurut pandangan ulama-ulama Syafi’iyyah dan Tafsir bil Matsur sebagai berikut:

NO
MATA KULIAH
DAFTAR RUJUKAN
1
Tafsir
1.        Tafsir Ayatul Ahkam
2.        Tafsir al-Munir (Muroh Labid)
3.        Tafsir Ibnu Katsir
2
Fiqih
4.        Al-Um
5.         Arrisalah
6.        Taqrirotu as-sadidah
7.        Subulu as-salam


No comments:

Post a Comment